Senin, 24 April 2017

laporan pementasan



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
       Pementasan drama merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa, dalam pentas seni drama. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa agar mahasiswa dapat memerankan dari nilai-nilai kegiatan politik yang dilaksankan oleh para tokoh-tokoh. Hal ini akan membantu teman teman dalam memahami materi.
       Pementasan ini sangat erat sekali dengan adanya materi yang sudah di sampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah ini, dan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dalam mengisi mata kuliah dengan waktu yang cukup lama.
       Oleh karenanya dalam pementasan ini berisikan materi-meteri dari apa yang sudah dipelajari sebelumnya, dan memberikan daya pelaksanaan mental yang sangat di butuh kan oleh mahasiswa. Mental inilah yang sangat utama untuk kemudian  kita tanamkan dalamdiri kita sejak dini supaya dapat mengaplikasikan apa yang sudah kita ketahui selama ini.
B.     Tujuan
       Kegiatan Pementasan Drama “Politik Badut” bertujuan:
1.      memperlihatkan mahasiswa tentang kreativitasnya dibidang seni drama
2.      sebagai studi komparasi mahasiswa terhadap teori-teori yang didapat di kampus dengan praktik yang sebenarnya
C.      Manfaat
1.      Sebagai usaha menambah pengalaman bagi mahasiswa  dibidang seni
2.      Menambah pengetahuan mahasiswa tentang pementasan drama
D.    .Waktu Pelaksanaan Study Lapangan
       Pementasan drama telah dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015, pukul 07.30 s.d. 08.30 WIB
E.     Program Kegiatan
Pementasan drama yang berjudul “Politik Badut”
BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
PEMENTASAN DRAMA
           
       Pementasan drama “Politik Badut” telah dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015, pukul 07.30 s.d. 08.30 WIB, di ruang kampus STAIN Pamekasan, diperankan oleh mahasiswa program Studi Hukum Ekonomi syari’ah, di antaranya:
1.      Faisol Mubarok
2.      Asrofy
3.      Akmalul Hasan
4.      Alfin wahyudi
5.      Fathur Rosyid

       dan disutradarai oleh Faisol mubarok dari Bangkalan. Selama pementasan berlangsung hampir tidak ditemui kendala karena pementasan drama telah dipersiapkan selama satu bulan dengan latihan yang dibimbing oleh sutradara. Pementasan drama “Politik Badut” akhirnya berhasil membuat mahasiswa terlena dalam drama ini dan mereka sangat antusias menyaksikan pementasan drama.
       Pementasan drama “Politik Badut” diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa. Secara khusus mahasiswa merasakan adanya sebuah motivasi yang besar suatu saat setelah lulus dari Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah. Melalui kegiatan pementasan drama di ruang kampus STAIN Pamekasan. Penulis biasa menguasai seni tidak hanya melalui teori, tetapi juga praktiknya.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
       Setelah pelaksanaan pementasan drama “Politik Badut” ini, penulis medapat banyak pengalaman dan kesimpulan dari kegiatan tersebut. Yaitu agar mahasiswa mengetahui bagaimana dunia partai politik di indonesia, dan mendapat banyak pelajaran yang tidak terdapat pada perkuliahan biasanya.
       Pelaksanan Study Lapangan ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia partai politik, mulai dari pra tokoh dan lainnya. Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi penulis untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan dikampus.
B.     Saran
       Saran untuk mahasiswa prodi hukum ekonomi syari’ah
1.      setiap akan melakukan pementasan drama atau pementasan seni lainnya hendaknya melakukan persiapan sehingga apayang dipentaskan mampu menghibur penonton
2.      Mengaktifkan kembali kegiatan mahasiswa melalui pegelaran atau pementasan seni sebagai media pembelajaran dan praktik mahasiswa.
C.    Lampiran
1.      Nama-nama pemeran, kesimpulan drama dan masukan dari teman-teman
2.      Teks drama







Lampiran 1
NAMA-NAMA PEMERAN, KESIMPULAN DRAMA DAN MASUKAN DARI TEMAN-TEMAN
1.      PEMBUAT NASKAH DRAMA        : Faisol Mubarok
2.      ANGGOTA PEMERAN                    
a.       Asrofi (Sebagai Omai Rama).
b.      Alfin ( sebagai Prabodo).
c.       Akmal (sebagai Berjo/aseisten Omai Rama).
d.      Rosid ( sebagai Mat Tinggal/asisten Prabodo dan polisi).
e.       Faisol Mubarok (sebagai Najwa Sihab, Mahfud Md., Istri Berjo, Polisi).
3.      PEMBANTU PEMENTASAN           : Mulidi, (sebagai Prolog)
4.      TEMPAT TERLAKSANA                 : Gedung(G) 
5.      PEMBERI MASUKAN                     
a.       Deni
b.      Suyuti
c.       Pak Ainur Rohaman
d.      Thohirah,
6.      JUDUL PEMENTASAN DRAMA    : Politik Badut
7.      KESIMPULAN                                   : pearan partai politik yang sangat                                                                   bersemangat dalam menduduki                                                                                  pemerintahan dengan segala   cara.                                                                             Dengan tujuan menyejahtrakan,                                                                     dan mewujudkan cita-cita Negara,                                                                  rakyat, atau hanya untuk kepentingan                                                                        pribadi semata
8.      NASKAH  DRAMA                           : Terlampir


lampiran 2
NASKAH  DRAMA
Ø  pada taun 2015 terjadi kotraversi intermines antara dua partai yaitu partai gerinda dan partai  gerinda. Kontraversi itu terjadi karena dipicu oleh sudut pandang yang berbeda antar masing-masing partai. Ceritanya:
Ø  dipagi hari yang cerah bapak perabodo selalaku ketua partai gerinda kebingungan memikirkan visi, misi , dan bahan yang akan disampaikan pada acara  pemilihan umum yang semakin dekat
Dialog
Perabodo        :           (menilpon asistennya) -------halo….. assalamualaikum?
Mat tinggal     :           walaikum salam pak.
Perabodo        :           mat tinggal….. kamu bisa ke kantor partai tidak..?
                                    Ada hal ynag penting yang ingin saya bicarakan
Mat tinggal     :           waduh………. Sepertinya saya tidak bisa pak.
Perabodo        :           loh…. Kenapa mat…?
Mat tinggal     :           anu pak… anu….
Perabodo        :           anu anu apa….? Yang jelas kalau ngomong! Saya ini atsan!
Mat tinggal     :           anu pak…….. istri saya selingkuh………..ini saya lagi                                             adaa di pengadilan dalam peruses untuk menceraikan istri                                         saya.
Pera bodo       :           waduhh……. Ea sudah cepat selesaikan lalu kesini…….
Mat tinggal     :           siap pak………kalau sudahh selesai nanti saya ke kantor partai.
Perabodo        :           ok………..saya tunggu …….
Mat tinggal     :           siap pak .
Ø  Bebrapa jam kemudian peruses perceraian mat tinggal pun selesai, di segera bergegas untuk menuju kantor partai dengan secepat mungkin!

Di kantor partai:
Pintu berbunyi(tok tok )
Mat tinggal     :           assalamualaikum
Perabodo        :           walaikukmsalam………….masuk….. duduk……
Mat tinggal     :           ada apa ea pak? Sampai saya di panggil kesini?
Perabodo        :           begini low mat! Pemilihan umum kan semakin dekat.
Mat inggal      :           ea pakk
Perabodo        :           sementara kita belum menyusun setrategi untuk                                                        mengalahkan partai idaman dan agar masyarakat sudi atau                                       mau memilih kita  . kan kamu tau sendiri partisi           pasi                                          masyarakat kurang dalam hal polotik…. Banyak yang                                                 golput kan …
Mat tinggal     :           hemmmm………….. ea juga ea pak
Perabodo        :           gimana? Kamu sebagai asisten saya, apa kamu mempunyai                                       ide bagus..?
                                    Saya tidak perduli ide itu kutor kek najis kek, atau jorok                                          sekalipun!
Mat tinggal     :           begini pakk…… sementara ini saya hanya berfikir ide                                              polotik badut ….
Perabodo        :           politik badut? Kayaknya unuik……………. Gmana tu…?
Mat tinggal     :           dua minggu lalu saya melihat melihat drama pak                                                       ……dalam derama tersebut menggunakan terik cara, atau                                               muslihat “menwakilkan”
Perabodo        :           betul itu ……. Kita kan sebagai pertai politik ……..                                                 mewakilkan rakyat adalah peran kita
Mat tinggal     :           tapi mewakilkan disini lain pak …contoh mewakili keluar                                        negri, mewakili naik mobil mewah, mewakili makan enak,                                      dan mewakili sejahtra harta pak………
Perabodo        :           wahhh…….. coooooocok……… jadi politik badut kamu                                         seperti itu …?
Maat tinggal   :           tidak pak………..
Perabodo        :           terus…?
Mat tinggal     :           politik badut saya berbeda …………… seperi halnya badut,                                    kita membuat rakyat bahagia dulu…………setelah mereka                                             merasa terhibur Kita ambil keuntungan dan gerogoti                                            mereka dari dalam …
Perabodo        :           luarrr binasa …………. Ide kamu cemerlang mat. Kayah                                          nama toko , tidak salah pilih saya memilih asisten seperti                                      kamu ,…..
Mat tinggal     :           ahhhhh bapak bisa saja……….
Perabodo        :           ok,…………… kita terapkan ide kamu itu jangan lupa                                             siapkan visi dan misi partai kita…..yang meyakinkan….
                                    Sementara  mengelabuhi dan mencari dana dari atasan dulu                                     soalnya  partai kita        sudah tipis manynya ………….
Mat tinggal     :           siap laksanakan……
Perabodo        :           ok ……….slamat bekerja …..
Perabodo        :           ea dah ku pulang dulu ….asaalamu alaikumm..
Mat tinggal     :           ea pak walaikum salam
Ø  Sementara Bang Haji selaku ketua partai IDAMAN juga tengah menyusun strategi dan visi misi  bersama asistennya yaitu BARJO. Pagi pagi sekali Bang Haji menelvon asistennya yang tengah duduk santai dan facebookan dirumahnya…!
Bang Haji       :           assalamualaikum wr. Wb.
Berjo               :           walaikum salami a pak haji ada apa
Bang haji        :           saya inbok kok ngk di bales jo…?
Berjo               :           maaf pak haji saya tadi lagi inbokan ama cewek ..!
Bang haji        :           bagus ikuti jejak saya …
Berjo               :           selalu pak haji
Bang haji        :           malah nyengir… saya mau kerumah kamu bentar lagi
Berjo               :           oooww ea ea pak haji sekalian aku mau ngenalin istri baru                                        ku pak haji…….!
Bang haji        :           ok saya berangkat  sekarang…
Berjo               :           ok pak haji
Setengah jam dari bang haji nelvon, ia pun sampai dirumah berjo…
Bang haji        :           assalamualaikum…….?
Berjo               :           walaikum salam pak haji …….  Silah kan duduk pak haji
Bang haji        :           Alhamdulillah …..!ngak ada kopi joo..?
Berjo               :           oea pak haji saya lupa … bentar tak panggilin istriku                                                 dulu…????
Berjo               :`          bebbb … sayang……??
Istri                 :           ea bebb ada apa ..?
Berjo               :           ni loo ada pak haji …! Buatin kopi  .
Istri                 :           ia ia mau kopi apa ..? kopi susu atau kopi ku..?
Bang haji        :           kopi susu aja ..!
Istri                 :           baik pak haji …….  Tunggu bentar ia pak haji…
Bang haji        :           jooo.. lumayan uga istri kamu itu joo..?
Berjo               :           ahh pak haji biasa aja …. Itu yang ke tiga pak haji ….                                               Rencanaya mau nambah lagi sambung do’a aja                                                    ehehehehehheh…!
Bang haji        :           amin  …….!
Isrti                 :           ini kopinya  pak haji..
Bang haji        :           iyaaa waduh…. Nngak ad gelasnya ea …. Joo?
Berjo               :           hehee ngk ada lagi mungkin pak haji…!
Bang haji        :           hemmmmmm! Oea  sampai lupa jo…! Gaman ni bentar                                            lagi pemilihan         umum. Kamu ngak punya agenda ngk .. dan                                                 bentar lagi juga aka ada wawancara kandidat paratai,…                                              gaman ? kamu sebagai asistenku….?
Berjo               :           hemmm  ea juga ea . gimana kalau kita niru partai-partai                                           yang lain ja pak haji …nyogo nyogok gitu ke rakyat …
Bang haji        :           kamu jo kita kan partai islam jo, kok pakek cara                                            gitu ngk boleh jo dalam hadis di terangkan : الراشي والمرتشي في النار                                ,           itu kita gunkan kalau lagi kepepet aj joo…!
Berjo               :           `ohhhh gitu ea pak haji …!
Berjo               :           kalau kita kasih ongkoss bengsi aja gmana pak haji ?
Bang haji        :           nahh kalau gitu saya setuju jooo….!
Berjo               :           siap pak haji. Terus visi-misinya gmana …?
Bang haji        :           behubung saya ngisi konser dangdut ni….. gmana kalau                                           kamu aja yang buat….
Berjo               :           ok lah kalau gitu pak haji …!
Bang haji        :           ea sudah saya pamit dulu joooo?
Berjo               :           ea ea pak haji hati-hati ea …?
Bang haji        :           ea assalamualaikum…..!
Istri                 :           mas mas ma kemana kita kan masih manten anyar..?
Berjo               :           aku ni kan aktivis partai dek jadi ku mau ke kantor bentar                                        ngurusss keperluan pak haji….
Istri                 :           iiiiiii…………….hhhh……….iiiiiiiiiiiii…………….hhhh.                                        sekalian kawin ja ma bang haji. Kamu ini punya istri bang                                          haji atau aku sihhh …. Jawab.?
Berjo               :           ea ea .. jangan ngambek dekkk…. Bentar kok eaa….
Istri                 :           heeeeeheeeeeeeeeeeee……..ea deh
Berjo               :           ea dah ku berangkat dulu ea .
Istri                 :           ea … hati hati….!
Ø  Seminggu kemudian, setelah sama sama menyiapkan siasat wawancara kandidat pun dilaksanakan di salah sebuah gedung di Jakarta. Yang di pimpin langsung oleh najwa sihab.
wawancara
Ø  selesai….wawancara pemilu pun di mulai pada tangga 5 september 2012.
Ø  Kedua kubu makin memanas dan saling berkampanye ke berbagai kalangaqn masyarakat.! Apa lagi kubu perabowo yang sudah semakin memanas setelah mendengar partai bang haji sudah menguasai rakat dengan many politiknya.
Percakapan antara berjo dan bang haji :
Bang haji        :           berjo kamu adakan kampanyah besar-besaran dan beri uang                                     100,000 per orang
Berjo               :           katanya kemaren pak haji bilang nagk boleh, kok sekarang                                       berubah sihhhhh?
Bang haji        :           udah jangan banyak omong lakukan saja ini sudah                                                    darurat…. Jangan sok tau kamu aku lebih alimmm m dari                                              kamu kamu ngak liat kalau aku dah haji beberapa kali . dah                              biar ku yang nanggung semua resikonya ,,!
Berjo               :           ok lah kalau gitu pak haji akan ku lak sanakan.. oea mana                                         uangnya pak haji?
Bang haji        :           ini sana cepetan bawa rombongan kamu .
Berjo               :           wahhhhhhh siap pak haji.
Ø  Setelah mendengar hal itu prabodo pun semakin pusing, dan mencari cara bagaiman untuk menang.
Percakapan anatara perabodo dan asistennya mat tinggal:
Perabodo        :           mat tinggal cepat kerumah ku ini sudah gawat
Mat tinggal     :           ea ea pak saya akan kesana ..  duh ada apa boss ni… kok                                          kanyak kacau banget.. wah apa kata nanti dah.
Perabodo        :           gawat ini mat tinggal, masyrakat dah di kuasain oma                                                gimana ini kita bisa kalah kalau begini,
Mat tinggal     :           waduh gman ea bosss aku uga bingung …
Perabodo        :           cari cara dong ……..ahhhh kamu ini.
Mat tinggal     :           aku uga ngk tau bosssssssssssss….
Perabodo        :           bentar bentar….. aku punya cara
Mat tinggal     :           cara apaan bosss .
Perabodo        :           saya akan sogok pak mahfuud ja. Sebagai ketua MK. Dia                                         pasti bisa menyelesaikan masalah ini                                                                  hahahahahahahahahahahahahahahaha….!
Mat tinggal     :           wahhhhh kerennn tu booooosssss  ,,, ebosss memeng                                                cerdik..kapan mau kesana ini bosss.
Perabodo        :           minggu depan … ea sekarang nunggu kapan lagi udah                                              gawat kayak gini uga…..!
Mat tinggal     : ok ok ayok bossssssssss!
di rumah pak Mahfud md.
Perabodo        :           assalamualaikum..?
Mahfud md    :           walaikum salam … ehhhh ada pak perabodo ,,, silahkan                                           silahkan duduk. Ada apa ni tumben main kesini ngk                                       biasanya.
Perabodo        :           ngak pak mahfud, saya man butuh bantuan pak mahfud ja?
Mahfud md    :           bantuan apa ea…………….!
Perabodo        :           gini pak mahfud (dengan bisik bisik). Saya mau urusan ini                                        di selesaikan….
Mahfud md    :           hahahahah kamu ini ….
Perabodo        :           giman segini cukup kan …..????
Mahfud md    :           ea sudahh tenang saja kamu tak aku usahain                                                              hahahahahahahahahahahaha
Perabodo        :           terimakasih terimakasih pak.
Mahfud md    :           ea sama-sama.
Perabodo        :           ea sudah kalu gitu saya mau pamit dulu pak mahfud.
Mahfud md    :           ea ea hati-hati.
Perabodo        :           ok .
Ø  Hingga akhirnya sampai waktunya pemilu dan yang menang pun perabodo dan bang haji pun merasa kecewa, karna sudah mengeluarkan banyak uang yang di keluarkan untuk di berikan kepada masyarakat, hingga akhirnya bang haji nekat membakar gedung gedung pemerintahan utamanya kantor partai pak perabodo, akibat dari perbuatan itu akhirnya bang haji ketahuan dan dipenjara selama. 5 thn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar